Sejarah Virus

Virus komputer adalah program komputer yang dapat merusak program normal yang berjalan di komputer kita dengan cara umumnya memperbanyak, mengcopy, atau menyalin dirinya sendiri untuk memakan memori komputer hingga sebanyak-banyaknya sehingga menyebabkan komputer berjalan dengan lambat ketika digunakan.

Pengertian virus secara digital dengan virus secara biologis adalah hampir sama yaitu umumnya sifatnya adalah untuk merusak tubuh yang sehat. Jika komputer kita terkena virus kemungkinan besar badan akan terganggu atau tidak sama sekali (namun biasanya efeknya dalam jangka panjang). Virus komputer lahir di dunia ini pertama kali pada tahun 1981. Virus ini menjadi tenar karena menyerang Aplpe Disket II dengan menyisipkan pesan “It will get on all your disks-It will infiltrate your chips-yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!”. Virus ini dinamakan Elk Cloner dimana mulai mnejangkiti di daerah Texas. Namun walaupun secara fakta virus Elk Cloner adalah virus pertama kali lahir, namun kebanyakan mesyarakat lebih mengakui bahwa virus Brain adalah virus yang justru pertama kali diyakini pertama ada di dunia ini. Hal ini disebabkannya karena efek kerusakan yang ditimbulkannya lebih dahsyat jika di bandingkan virus Elk Cloner. Selain itu walaupun virus Elk Cloner baru dipublikasikan ke public 2 tahun setelah kelahiran sebenarnya. Lahirnya Brain bersamaan dengan adanya Vindent dan PC Write Trojan. Virus Brain merusak DOS dimana hal itu sangat menyita sebagian besar masyarakat pengguna komputer waktu itu.

Sejak saat itu pertualangan virus baru mulai bermunculan di dunia komputer. Saat ini virus kelihatan lebih mengerikan. Biasanya virus menyerang file yang berekstensi *.exe. Virus ini pada awal kemunculannya diberi nama Suriv. Virus ini merupakan salah satu golongan virus jeressulem. Jenis virus ini menyerang mainframe-nya IBM dan berlangsung tidak lama (sekitar satu tahun). Virus Mac Mag dan Scores menyerang Machintosh tahun 1988 karya dari Robert Morrish. Kemudian ada lagi tahun 1989 muncul virus AIDS dimana menyerang hardisk dimana jika dibuka akan menampilkan informasi tentang AIDS. Virus komputer-pun terus berkembang seiring dengan berkembangnya dengan berkembangnya teknologi software komputer. Seperti perpaduan virus yang menciptakan kombinasi virus macro dan worm. Terdapat juga virus yang mampu menyebar melalui email, virus itu dinamakan Melissa (nama yang cantik bukan).

Semua jenis komputer umumnya tidak dapat merusak hardware secara langsung, namun virus dapat juga merusak hardware dalam jangka yang panjang pada akihirnya. Sebuah virus dapat memaksa suatu hardware hingga memnyebabkan hardware dipaksa kerja melebihi kapasitas normalnya. Hardware yang diserang dapat berupa memori RAM, Display VGA, atau bahkan prosesor (bisa terjadi pada keluarga windows dengan tingkatan mulai dari awal seperti Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2, bahkan sampai Windows Vista Service Pack 1 dan Vista Ultimate dapat diserang). Selain itu Anda jarang mendengar bahwa dengan memakai Linux maka Anda akan aman, namun aman disini bukan berarti tidak ada bahaya sama sekali, karena ada juga beberapa virus yang dapat menyerang system operasi Linux.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s