Layar Laptop Menampilkan Warna Aneh

 


Dalam posting ini saya jelaskan beberapa teknik pemecahan masalah dasar jika layar laptop Anda mulai menunjukkan warna yang aneh atau salah.
Anda harus tahu bagaimana untuk membongkar laptop untuk menggunakan teknik pemecahan masalah berikut.

UJI LAPTOP DENGAN MONITOR EKSTERNAL

Langkah utama adalah menguji bagaimana laptop output video pada monitor eksternal (atau TV).
Anda dapat menghubungkan laptop Anda ke monitor eksternal menggunakan kabel VGA, DVI kabel, kabel HDMI atau S-Video kabel, itu tergantung pada tipe konektor yang Anda miliki di laptop. Kebanyakan laptop memiliki konektor VGA, sehingga akan menjadi cara paling umum untuk menghubungkan.
Dalam contoh saya aku menghubungkan ke monitor eksternal melalui konektor VGA.
Image
Beberapa laptop mendeteksi monitor eksternal secara otomatis dan mulai menampilkan gambar di kedua layar kanan dari startup.
Laptop lain dapat mendeteksi monitor menampilkan gambar tetapi hanya pada satu layar (internal atau eksternal). Dalam hal ini Anda harus beralih video antara internal dan eksternal dengan menggunakan tombol Fn dan salah satu kunci F * di baris atas keyboard. Kombinasi ini bervariasi untuk merek laptop yang berbeda, misalnya itu Fn + F5 untuk Toshiba, Fn + F4 untuk HP, Fn + F8 untuk Dell, Fn + F7 Lenovo dll …

TAMPILAN DARI MONITOR LUAR

Jika kedua, layar internal dan monitor eksternal (atau TV) menunjukkan warna aneh atau tidak benar atau distorsi gambar lain, ini adalah kegagalan kartu grafis.
Jika hanya layar laptop menunjukkan warna aneh atau distorsi lain tetapi gambar eksternal tampaknya normal (seperti dalam contoh saya), masalahnya adalah suatu tempat di dalam layar laptop. Bisa jadi koneksi yang buruk, buruk atau buruk kabel LCD layar LCD.
Mari kita mempersempit masalah satu per satu.

COBA RESET KABEL LCD KONEKTOR PADA MAINBOARD
Image
Layar laptop menerima sinyal data dari motherboard melalui kabel LCD. Jika kabel LCD tidak membuat hubungan baik dengan motherboard, mungkin menyebabkan gambar atau distorsi warna di layar. Coba reseating kabel konektor LCD dan melihat apakah perbaikan masalah. Pastikan konektor kabel LCD terpasang dengan benar.
Dalam kebanyakan laptop konektor kabel LCD yang terletak di bawah panel keyboard (papan ketik alias penutup). Jika tidak ada, kemungkinan besar Anda akan menemukan suatu tempat di bawah keyboard.

Menggoyangkan KABEL LCD
Kabel LCD berjalan di dalam layar laptop, di bawah layar LCD. Untuk tes ini itu perlu untuk membongkar layar, sehingga Anda dapat mengakses kabel.
Sebuah kawat terjepit atau rusak di dalam kabel LCD juga dapat menyebabkan distorsi warna.
Image
Cobalah menggeliat kabel LCD saat laptop sedang berjalan. Jika menggeliat kabel LCD mempengaruhi gambar pada layar dengan cara apapun (mulai menunjukkan warna yang berbeda, garis, atau gambar membersihkan normal, dll …) kemungkinan besar kabel LCD rusak dan harus diganti. Cobalah mengganti kabel.
Di sisi lain, jika menggeliat kabel tidak mempengaruhi gambar di layar sama sekali, kemungkinan besar kabel yang baik dan masalah Anda yang berhubungan dengan kegagalan layar LCD. Dalam hal ini Anda harus mengganti layar LCD.

BERLAKU UNTUK BEBERAPA TEKANAN DISPLAY ATAS
Cobalah menerapkan beberapa tekanan yang wajar untuk bagian atas unit display. Meremasnya dengan jari.
Image
Jika layar mulai menunjukkan warna yang berbeda, garis, atau membersihkan normal ketika Anda menekan bagian atas panel layar, kemungkinan besar ini adalah LCD kegagalan layar. Dalam hal ini Anda harus mengganti layar LCD.

#keep share🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s